Cara menonaktifkan download otomatis di WhatsApp

Bloggerlaki.com - WhatsApp adalah aplikasi perpesanan instan unik yang mencakup fitur-fitur seperti media sosial, perpesanan, dan bisnis. Tidak seperti kebanyakan perusahaan, WhatsApp tidak memiliki nomor telepon.

Oleh karena itu, jika Anda ingin menghubungi customer service, Anda harus mengunjungi halaman kontak di website WhatsApp atau menggunakan halaman bantuan di aplikasi. Di situs WhatsApp, Anda dapat mengirim email yang terkait dengan perpesanan, bisnis, atau bantuan survei.

Jika tidak berhasil, Anda dapat mengirim surat ke kantor perusahaan WhatsApp. Panduan ini ditujukan untuk situs web dan aplikasi WhatsApp dalam bahasa Inggris. Selain itu, WhatsApp (WA) telah menjadi alat komunikasi yang harus dimiliki oleh pengguna smartphone Android, iOS dan platform lainnya.

Biasanya orang terdekat, teman dan keluarga harus menggunakan WhatsApp untuk chatting, telepon dan video call.

Di whatsapp, beberapa dari kita mungkin bergabung dengan lebih dari satu grup obrolan, dan mengobrol dengan lebih dari satu orang. Saat mengobrol, mengirim file media seperti foto, video, dan dokumen adalah hal biasa.

Namun masalahnya, WhatsApp otomatis mengunduh semua media, baik itu dari obrolan pribadi maupun obrolan grup. Misalnya jika kita bergabung dengan beberapa grup WhatsApp, ketika seseorang mengirimkan video dan foto, maka secara otomatis WhatsApp akan mengunduh dan menyimpan semuanya ke memori penyimpanan ponsel. Padahal mungkin kita tidak membutuhkan beberapa media.

Ini tidak hanya boros kuota, tapi juga akan membuat memori penyimpanan hp kita cepat penuh. Jadi, untuk mengatasi hal tersebut, kita perlu mengatur WhatsApp agar tidak otomatis menyimpan atau mendownload file media tadi.

Cara WhatsApp agar tidak menyimpan file media secara otomatis


Tips menonaktifkan download otomatis di WhatsApp

  1. Buka aplikasi Whatsapp Anda.
  2. Di daftar obrolan, ketuk "ikon titik pojok kanan atas". Lalu tap "pengaturan".
  3. Lalu masuk ke menu pengaturan, pilih "Data dan Penyimpanan".
  4. Anda akan dibawa ke bagian “Data dan Penyimpanan. Berikut adalah setting "Media download otomatis". Di bawah ini ada tiga menu pengaturan, kami ingin ketiga pengaturan ini dinonaktifkan. Sekarang buka menu pertama "saat menggunakan data seluler".
  5. Sebuah kotak akan muncul berisi pilihan media yang akan diunduh secara otomatis "Saat menggunakan data seluler". Di sini hapus semua daftar periksa dari semua opsi media. Kalau sudah tap "oke".
  6. Ulangi metode di bagian menu "saat terhubung ke Wi-Fi" dan "saat roaming". Jika berhasil, semua pengaturan ini akan berubah menjadi "tanpa media"
  7. Selesai. Pada titik ini, Anda telah berhasil mengatur WhatsApp untuk tidak mengunduh file media secara otomatis sebelumnya.

Haruskah semua menu unduhan otomatis dinonaktifkan?


Seperti kita ketahui, pengaturan unduhan otomatis terbagi menjadi tiga menu. Yakni download otomatis pada "data seluler", "wifi" dan "saat roaming". Dan untuk setiap menu, Anda dapat memilih jenis media (foto, video, dll.) yang ingin Anda unduh secara otomatis. 

Jika tujuan awalnya adalah untuk menghemat kuota whatsapp, mungkin hanya pengaturan terkait data seluler yang harus dinonaktifkan, agar wifi tetap aktif. Namun jika tujuannya bukan untuk mengisi memori penyimpanan ponsel, maka sebaiknya semua pengaturan dimatikan seperti contoh kita di atas.

Fyi, untuk setting saat roaming, ini adalah setting jika Anda berada di luar negeri dan terkoneksi dengan internet roaming. Jadi kalau tidak ke luar negeri, pengaturan ini bisa diabaikan. Semoga pembahasan cara menonaktifkan download otomatis di WhatsApp bisa bermanfaat ya

Posting Komentar

Halaman

Copyright © 2021

Blogger Laki-Laki