Syarat Pendaftaran Merek dan Pemahaman, Komponen beserta Faedah Merek Identity

Bloggerlaki.com – Hai pembaca, terima kasih telah singgah meluangkan waktu untuk membaca artikel mengenai branding. Ini sich sekedar hanya ringkasan, saya catat catatan mengenai syarat pendaftaran merek dan pemahaman, faedah beserta komponen merek identity. Saya coba catat sedetail kemungkinan, semoga dapat berguna ya.

Disclaimer: Ini sekedar hanya pemahaman dan ringkasan saja sich. Bukan murni hasil sendiri, hasil copas-comot dari bermacam sumber lain.

Pemahaman Merek Identity

Syarat Pendaftaran Merek dan Pemahaman, Komponen beserta Faedah Merek Identity

Merek identity ialah apa yang beberapa orang dalam ruang ucapkan berkenaan kita saat keluar dari ruang itu, Jeff Bezon, CEO Amazon. Contoh: Apa yang membandingkan merk kendaraan Honda dengan beberapa pesaingnya?

Logonya yang unik? Bahan bakar yang hemat? Mesin yang bandel? Harga jual kembali lebih konstan? Segala hal ditanya itu memberikan dukungan terbentuknya identitas merk dari perusahaan Honda. Adalah syarat pendaftaran merek Jadi dapat disebutkan merek identity ialah semua tipe komponen yang membuat pemahaman beberapa orang pada merek itu.

Komponen-komponen Merek Identity

Identitas merek terbagi dalam bermacam tipe komponen. Tetapi tidak dapat dipungkiri jika komponen visual seperti design simbol, wujud produk, warna, dan design paket adalah komponen yang paling mencolok itulah syarat pendaftaran merek.

Tetapi tidak boleh salah, ada komponen-komponen yang lain ikut berpartisipasi dalam membuat identitas merk.

Jean-Noel Kapferer adalah salah seorang specialist dalam soal corporate branding. Beliau membuat syarat pendaftaran merek suatu mode namanya “Merek Identity Prism”, yang memperlihatkan 6 komponen dari merek identity

1. Physique

Komponen ini termudah dikenal karena merujuk pada faktor fisik dari sebuah merk seperti simbol, merk, warna, wujud dan lain-lain. Sebagai contoh, produk makanan Oreo dengan mode tulisan, warna, dan memiliki bentuk.

2. Personality

Merujuk pada watak dari merk itu dan langkah mereka untuk berbicara dengan dunia luar. Oreo mempunyai personalitas yang membahagiakan dan penuh keceriaan, nampak terang dari langkah mereka sampaikan diri mereka ke banyak orang.

3. Relationship

Komponen ini merujuk pada wujud jalinan di antara beberapa orang yang ingin dilambangkan oleh merek itu. Untuk Oreo, tipe jalinan yang ingin dipisah ialah jalinan lintasi batasan tanpa dikuasai oleh umur, warna kulit, hoby dan pekerjaan.

4. Culture

Komponen ini merujuk pada konsep dasar sebagai dasar sikap sebuah merek. Dalam kasus Oreo, ini berbentuk sama-sama share dan bergaul.

5. Reflection

Hebat buyer alias sasaran khusus dari merek itu, misalkan saja beberapa anak sampai remaja.

6. Self Gambar

Komponen ini merujuk pada self gambar yang dipunyai oleh sasaran konsumen. Sebagai contoh, mereka yang memakai produk outdoor dapat memikirkan diri mereka jadi orang yang aktif di atas lapangan dan mempunyai keadaan fisik yang sempurna.

Faedah Merek Identity

Lalu, apa faedah yang dapat Anda peroleh dari merek identity yang kuat? Beberapa salah satunya ialah:

1. Sasaran Pasar yang Lebih Luas

Jika Anda sukses membuat identitas merk yang kuat, karena itu dapat ditegaskan merk itu akan lebih mencolok antara merk yang lain. Ini bermakna anda akan memperoleh perhatian yang semakin banyak dari mulanya.

2. Membuat Keyakinan Customer

Silahkan kita berlaku realitas. Jika Anda akan beli sebuah produk, misalkan produk elektronik seperti AC, produk yang mana akan Anda tentukan? Apa produk AC dari sebuah merek terkenal atau dari sebuah merek yang masih belum pernah Anda dengar awalnya? Tentunya dari merek yang terkenal, karena merek itu sudah sukses membuat nama mereka dalam industri elektronik dengan kualitas yang terjaga.

3. Kesetiaan

Anda pernah dengar mengenai Apple Fanboy? Mereka ialah beberapa fans produk Apple yang setia dengan produk dari merek ini. Merek identity yang kuat akan membuat kesetiaan pada beberapa konsumennya. Kesetiaan semacam ini akan bawa imbas positif untuk sebuah merek.

Baik, jadi itu Merek Identity, menarik kan? Saya percaya sekarang ini di pikiran Anda tebersit, “Wah, saya harus dapat membuat Merek Identity untuk usaha nih, tetapi bagaimanakah cara baginya ya?”

Untungnya saya punyai berita bahagia untuk Anda! Kami ialah layanan it professional dan digital pemasaran baik itu Web Company Profil, Web Toko Online, sosial media pemasaran atau Website. Jadi nantikan apalagi selekasnya kontak kami.

Tinggalkan komentar